Back To Lexus News & Events

19 Mar 2018
Indonesia

Kelahiran Brand Premium Toyota; Sebuah Logo, Sebuah Nama

Toyota sebagai produsen yang telah lama berkecimpung di dunia otomotif tentu tidak ingin tertinggal dalam persaingan dunia otomotif kelas atas. Alhasil pada 1983, dimulailah diskusi serius mengenai masuknya Toyota ke segmen premium, menyusul pendahulunya, Honda dengan brand Acura dan Nissan dengan brand Infinity.

Unit premium pertama Toyota akhirnya diberi nama LS 400 yang diluncurkan di Kanada pada 1989. Mobil ini diproduksi dengan brand Lexus sebagai anak perusahaan Toyota untuk segmen premium. Hingga kini, Lexus dikenal sebagai brand Jepang kualitas premium terlaris yang telah dipasarkan di 40 negara berbeda dan bersaing dengan berbagai brand premium lain seperti Maserati dan Mercedes.


Lexus sendiri memiliki logo dan nama yang unik, tentu ini dipilih tidak sembarangan karena nama dan logo menjadi salah satu hal pertama yang akan bersentuhan dengan konsumennya. Logo Lexus sendiri berupa huruf L di dalam sebentuk oval, berwarna abu-abu logam atau perak. Warna ini dipilih sebagai perlambang kreativitas, kesempurnaan, modernitas, serta kecanggihan yang menjadi cerminan setiap unit mobil Lexus. Bentuknya yang oval dan huruf L yang unik ini melambangkan seperti halnya yang diungkapkan dalam thenewswheel.com dalam salah satu artikelnya, ‘the rounded, aerodynamic quality of Lexus vehicles’. Tentu hal ini dapat terlihat pada setiap produk Lexus yang memiliki desain mewah serta garis yang tegas untuk mengesankan bahwa mobil Lexus aerodinamis. Tidak hanya pada unit secan atau coupe, wujud aerodinamis masih nampak pada unit SUV yang juga diproduksi oleh Lexus.


Untuk namanya sendiri, Lexus, awalnya bahkan tidak muncul dalam usulan nama yang diberikan tim penyusunnya (Brand Consultant Lippincolt & Margulies). Usul yang diberikan sebagai nama dari produk premium Toyota ini awalnya adalah Verone, Chaparel, Vectre dan Calibre. Nama Lexus sendiri kemudian diadaptasi dari salah satu usulan nama yang diberikan, Alexis, yang kemudian berubah menjadi Lexus. Pada situs resminya, Lexus menuliskan bahwa nama ini diambil dari bahasa Latin ‘luxus’ dan bahasa Perancis ‘luxe’ yang berarti elegan dan kemewahan, juga bahasa Yunani ‘lexicon’ yang berarti bahasa dan kata-kata. Hingga pada akhirnya menghasilkan satu kata baru yang segar dan berbeda, serta menyampaikan kemewahan dalam semua bahasa.