Back To Lexus News & Events

19 Mar 2018
Indonesia

Lexus Difference; Bukan Sekedar Program, Namun Sebuah Budaya

Perhatian pada segmen pasar, tentu merupakan hal krusial bagi seluruh produsen. Mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar menjadi kunci sukses untuk mengembangkan produk sesuai dengan keinginan pasar. Tidak hanya produk, cermat terhadap pasar juga dapat digunakan untuk meningkatkan layanan terhadap pasar itu sendiri.

Demikian yang dilakukan Lexus. Tidak hanya mengandalkan produk otomotif kelas premium yang menjadi komoditas utamanya, mereka juga dikenal impresif dalam hal pelayanan pelanggan. Desain showroom yang mewah dan nyaman tentu membuat pelanggan yang datang merasa betah. Terlebih ditunjang dengan pelayanan yang diberikan setiap staffnya, pelanggan dijamin akan merasakan layanan premium yang tidak didapatkan pada brand lain.

Layanan yang baik ini jika ditelusuri, bermula pada pertengahan tahun 2015, dimana menjadi tahun perubahan besar terjadi pada Lexus. Lexus Difference, satu konsep inovatif yang dirancang agar menjadi budaya baru di Lexus. Program ini pada mulanya dilaksanakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan ketika mengunjungi showroom Lexus, tidak hanya disodori dengan berbagai promo dan kelebihan produk, namun pelanggan juga diberikan layanan ekstra seperti ruang tunggu yang nyaman, bahkan hingga layanan spa dan yoga dibeberapa tempat.

Selain itu, setiap staff Lexus yang berada di dealer juga telah dilatih untuk memberikan perhatian lebih pada kaum hawa. Hal ini dirasa penting, karena kaum hawa memiliki andil besar dalam keputusan pembelian yang akan dilakukan. Lexus ingin mengubah cara dimana mobil identik dengan kaum laku-laki, sehingga kaum perempuan seringkali tidak dihiraukan ketika datang untuk mencari informasi. (fastcompany.com)

Program yang tadinya diuji coba pada tujuh dealer di Amerika ini, ternyata menunjukkan hasil yang bagus. Perubahan perilaku staff, membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak merasa canggung untuk masuk ke dealer Lexus. Hal ini kemudian diterapkan pada hampir seluruh dealer  Lexus di dunia agar kemudian bukan hanya menjadi program namun juga menjadi budaya dan ciri khas Lexus.